Tanpa Suara, New HR-V e:HEV Mendaki Surga Kecil Mandalika
OTOFEEDS.id – Mandalika, NTB. Membuka lembar baru dalam ekspedisi bertajuk Honda Eastline Journey, OTOFEEDS.id bersama Otoplasa.co kembali menjelajah ke timur Indonesia. Kali ini, pulau Lombok menjadi destinasi utama. Didukung penuh oleh Honda Surabaya Center, main dealer mobil Honda untuk wilayah Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara, petualangan ini tak hanya soal perjalanan, tapi pembuktian performa SUV modern dalam lanskap eksotis yang sesungguhnya.
Salah satu titik eksplorasi yang menggugah adrenalin sekaligus imajinasi adalah Bukit Seger. Berada tak jauh dari Sirkuit Internasional Mandalika, bukit eksotis yang menyuguhkan panorama Samudera Hindia dan Sirkuit Mandalika dalam satu bentang pandang 360 derajat. Namun untuk mencapainya, ada tantangan ringan berupa jalan tanah berbatu dan tanjakan curam. Ideal untuk menguji lebih dari sekadar kenyamanan harian.
Performa: Senyap Tapi Tak Main-main
Jangan tertipu dengan ketenangannya. Mesin Atkinson Cycle 1.5L DOHC i-VTEC yang dipadukan dengan sistem hybrid i-MMD menghasilkan total daya kombinasi 131 PS dan torsi instan dari motor listrik sebesar 235 Nm. Di tanjakan Bukit Seger, cukup pindahkan transmisi ke posisi D, tanpa perlu injak gas dalam-dalam, mobil langsung merayap naik dengan percaya diri. Bahkan di beberapa titik, pedal gas nyaris tak tersentuh.
Tenaga datang halus, tanpa jeda, tanpa raungan. Inilah keunggulan sistem hybrid: respons instan dari motor listrik di putaran rendah yang sangat dibutuhkan saat menanjak.
Baca Juga: New Honda N7X Terbukti Handal
Handling: Stabil di Medan Tak Rata
Medan tanah kering yang sedikit berdebu dan berbatu kecil menuntut kontrol kemudi yang presisi. Disinilah peran fitur Vehicle Stability Assist (VSA) dan Hill Start Assist terasa sangat membantu. Tak ada gejala limbung berlebih. Ground clearance setinggi 212 mm memberi jarak aman terhadap undakan tanah, sementara suspensinya tetap meredam guncangan kecil tanpa membuat kabin terguncang liar.
Kenyamanan: Kabin Tetap Hening
Meski kondisi jalan cukup menantang, kenyamanan kabin tetap jadi nilai jual utama HR-V e:HEV. Peredaman suara sangat baik. Tak ada dengung ban atau derit suspensi. Jok ergonomis dan sistem AC dual zone climate control menjaga kenyamanan sepanjang perjalanan. Cocok untuk mereka yang ingin eksplorasi dengan tetap mengutamakan kenyamanan keluarga.
Efisiensi: Tanjakan Tanpa Boros
Selama perjalanan dari kawasan Mandalika hingga Bukit Seger, konsumsi bahan bakar terasa sangat efisien. Berkat sistem kerja hybrid yang memprioritaskan tenaga listrik di kecepatan rendah dan saat start-stop, mobil ini tak hanya bertenaga, tapi juga ekonomis. Bahkan di medan tanjakan yang biasanya membuat mobil lain boros, HR-V e:HEV tetap menunjukkan efisiensi yang mengesankan.
Baca Juga: Honda Naga Motor 1 dan 2 Perkuat Layanan di Lombok
Pengalaman Berkendara: Bukit Seger Menjadi Hadiah
Begitu mencapai puncak Bukit Seger, semuanya seakan terbayar lunas. Hamparan laut biru, kilau Sirkuit Mandalika, serta angin laut yang bertiup lembut menjadikan momen ini sempurna. Tak ada suara mesin, tak ada kepanikan medan, hanya ketenangan dan rasa puas.
Kami sempat duduk di gazebo kecil sambil menikmati kelapa muda yang dijual penduduk lokal. Dari tempat ini, siluet Sirkuit Mandalika terlihat utuh, berpadu dengan debur ombak yang samar terdengar dari kejauhan. Dan saat senja datang, lampu-lampu sirkuit mulai menyala, menciptakan pemandangan yang sulit diungkapkan dengan kata.
Kesimpulan
New Honda HR-V e:HEV bukan hanya unggul di aspal mulus perkotaan. Di medan menanjak Bukit Seger, ia menunjukkan bahwa ketangguhan bisa hadir tanpa kebisingan, dan tenaga besar bisa tampil elegan. Ini bukan hanya soal mesin atau fitur, ini soal pengalaman berkendara yang tak terlupakan, di tempat yang layak disebut surga kecil Mandalika. (HS)