Suzuki Fronx Resmi Mengaspal, Harga Mulai Rp266 Juta-an
OTOFEEDS.id – Surabaya. Di tengah pergeseran tren otomotif menuju kendaraan yang lebih cerdas, efisien, dan ramah lingkungan, Suzuki Indonesia memperkenalkan senjata barunya, Suzuki Fronx, SUV bergaya coupe yang memadukan tampilan futuristik dengan teknologi keselamatan mutakhir. Digarap sepenuhnya di dalam negeri dan diproduksi di fasilitas Cikarang, Fronx bukan sekadar mobil baru, tapi juga wujud nyata komitmen Suzuki dalam memperkuat posisi di segmen SUV kompak Tanah Air.
Peluncuran yang disiarkan secara nasional pada Rabu (28/5), turut dihadiri prinsipal Suzuki Motor Corporation (SMC) Jepang, pejabat Kementerian Perindustrian RI, direksi Suzuki Indonesia, diler resmi, mitra pembiayaan, serta media. Momen ini menjadi penting, bukan hanya karena peluncuran model baru, tapi juga karena Fronx adalah produk buatan Indonesia yang siap diserap pasar domestik dan ekspor.
“Hari ini, Suzuki Indonesia dengan bangga akan memperkenalkan produk baru kami, Suzuki Fronx. Ini bukan sekadar mobil baru, ini adalah babak baru bagi Suzuki di Indonesia,” ujar Minoru Amano, President Director PT Suzuki Indomobil Sales & PT Suzuki Indomobil Motor.
Teknologi dan Desain yang Ditanamkan untuk Era Baru
Suzuki Fronx diposisikan sebagai SUV lima penumpang bergaya coupe crossover, yang tidak hanya mengedepankan tampilan visual futuristis tetapi juga teknologi aktual. Di balik kap mesinnya tertanam jantung mekanis 1.500 cc berteknologi hybrid, yang dikombinasikan dengan fitur Suzuki Safety Support, sistem bantuan keselamatan aktif yang menjadikan pengalaman berkendara lebih aman dan adaptif.
Lebih lanjut, Fronx mengusung 6 airbags sebagai standar di seluruh varian, ruang kabin yang lapang dan senyap, serta sistem hiburan modern yang dapat terkoneksi dengan smartphone.
“SUV bergaya coupe ini hadir untuk menciptakan gaya hidup menakjubkan, sekaligus mewujudkan impian pasar otomotif terhadap mobil yang efisien, canggih dan aman. Fronx akan menjadi model unggulan baru bagi Suzuki di Tanah Air,” terang Dony Saputra, Deputy 4W Sales & Marketing Managing Director PT SIS.
Produksi Lokal dengan Kualitas Global
Diproduksi di fasilitas Suzuki Cikarang, Fronx memanfaatkan local content tinggi dan standar global. Suzuki menegaskan bahwa setiap proses produksi dari pemilihan material, pembuatan komponen, perakitan, inspeksi, hingga distribusi, melibatkan kontrol kualitas yang ketat.
Hal ini bukan semata-mata demi performa dan keselamatan, namun juga bentuk nyata kontribusi Suzuki dalam mendukung program Kendaraan Rendah Emisi (LCEV) dan pengembangan SDM otomotif Indonesia.
“Indonesia selalu menjadi bagian penting bagi Suzuki Global dalam pengembangan teknologi. Kami berkomitmen untuk memberikan kontribusi positif dan signifikan bagi masyarakat Indonesia,” tambah Minoru Amano.
Lebih dari sekadar produk, Fronx juga menjadi sarana alih teknologi, tempat tumbuhnya tenaga kerja terampil dalam bidang otomotif dan manufaktur modern. Suzuki menempatkan SDM lokal sebagai mitra strategis dalam menciptakan kendaraan yang kompetitif secara kualitas dan harga.
Harga Kompetitif, Penawaran Agresif
Suzuki Fronx dipasarkan dengan tiga varian utama, GL, GX, dan SGX, yang dibagi lagi dalam opsi transmisi manual dan otomatis. Harga on-the-road untuk wilayah Jawa Timur dimulai dari Rp266.900.000hingga Rp327.800.000, dengan tambahan Rp2 juta untuk pilihan warna two-tone.
Berikut detail harga Fronx di Jatim:
• GL M/T: Rp266.900.000
• GL A/T: Rp278.900.000
• GX M/T: Rp283.900.000
• GX A/T: Rp301.800.000
• SGX A/T: Rp327.800.000
Program promosi juga digelontorkan diskon pembelian senilai Rp10 juta untuk seluruh varian hingga September 2025. Tak hanya itu, Suzuki memberikan layanan purna jual berupa gratis jasa dan suku cadang hingga 50.000 km/30 bulan, serta jaringan servis dan ketersediaan parts yang luas.
Antusiasme Pasar Jawa Timur
Respon positif langsung terasa di Jawa Timur, salah satu pasar terbesar Suzuki. Pada perkenalan resmi di Tunjungan Plaza Surabaya, Suzuki Fronx langsung mencatatkan inden awal sebanyak 50 unit, dengan target penjualan di Jatim mencapai 230 unit per bulan, dari target nasional 2.000 unit/bulan.
“Sejak diperkenalkan hingga saat ini Suzuki Fronx sudah ada inden sebanyak 50 unit, dan rencananya akan mulai didelivery pada Juli mendatang. Kami juga siapkan promo potongan harga hingga Rp10 juta,” ujar Wiyarso Adiwibawa, Senior Area Sales Manager PT United Motors Centre.
Wiyarso menyebutkan, meski pasar otomotif sedang menurun sekitar 20%, Fronx diharapkan bisa menyumbang 30% dari total penjualan UMC tahun ini. Sebuah angka yang mencerminkan kepercayaan pada produk anyar ini. (HS).